Ayo Kita Buat kalkulator Sendiri (Bagian-1)

Membaca judul artikel diatas, pasti anak-anak (bahkan ibu bapak gurunya) akan berkomentar, apa mungkin siswa sekolah dasar dapat membuat kalkulator sendiri? Perkalian dua bilangan 1 sampai dengan 10 saja masih sering nyontek/ lihat catatan. Eiit ….. tapi siapa bilang membuat kalkulator itu hanya dapat dilakukan oleh ilmuwan hebat atau industri canggih saja. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kalkulator adalah alat hitung atau juru hitung, jadi setiap peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan/ membantu melakukan perhitungan dapat disebut dengan kalkulator. Tentu saja dalam artikel ini kita hanya akan belajar membuat kalkulator (alat hitung) yang merupakan nenek moyang atau cikal bakal dari kalkulator kalkulator canggih yang telah kita kenal sekarang ini.

Kalkulator pertama yang akan kita buat adalah sebuah alat bantu hitung yang ditemukan oleh seorang matematikawan asal Skotlandia bernama John Napier (1550–1617). Kalkulator (alat hitung) yang dinamai penciptanya “Rabdology” ini pertama kali dipublikasikan dalam buku karya John Napier sendiri “Rabdologiæ, seu numerationis per virgulas libri duo” yang diterbitkan pada tahun 1617. Dalam perkembangannya alat hitung yang cukup terkenal dan banyak digunakan pada jamannya itu menyandang banyak nama sebutan seperti “Napier Bones” (karena pada awalnya dibuat menggunakan tulang), “Neper Rods” (Neper = Napier dalam bahasa latin, dan bentuknya seperti batang atau rod) serta beberapa nama lainnya. Nah dalam artikel ini kita akan menamakannya “Neper Stik” saja karena akan kita buat dari stik es krim. Bagaimana sudah siap membuatnya? Lets Go, kita siapkan alat, bahan dan perhatikan cara membuat serta menggunakannya.

Alat dan Bahan

  1. Stik atau batang es krim
  2. Penggaris
  3. Pensil/ Pulpen

Cara Pembuatan

  1. Siapkan 11 (sebelas) batang stik es krim untuk setiap set kalkulator Neper Stik.
  2. Dengan menggunakan penggaris dan pensil/pulpen, gambarlah sepuluh buah kotak persegi pada setiap stik es krim, mulai dari bagian bawah stik es krim.
  3. Buat garis diagonal dari sudut kanan atas ke sudut kiri bawah pada setiap kotak persegi yang dibuat pada sepuluh buah stik es krim (jadi ada satu stik es krim yang kotak perseginya tidak dibuatkan diagonal).
  4. Pada stik es krim yang tidak dibuatkan diagonal, isikan angka 0 sampai dengan angka 9 secara berurutan mulai dari kotak persegi paling atas, sedangkan pada bagian atas (bagian sisa yang tidak digambari kotak persegi) tuliskan Index sebagai judul
  5. Pada bagian atas (bagian sisa yang tidak digambari kotak persegi) ke sepuluh stik es krim yang digambari garis diagonal masing-masing tuliskan angka 0 – 9 sebagai judul masing-masing stik es krim.
  6. Isikan angka hasil perkalian judul masing-masing stik es krim dengan bilangan 0 sampai dengan 9 pada setiap kotak persegi secara berurutan dari kotak persegi paling atas dengan aturan penulisan angka satuan ditulis sebelah kanan garis diagonal dan angka puluhan ditulis sebelah kiri garis diagonal. (Lihat contoh pengisian hasil perkalian pada stik es krim dengan judul angka 1 dan angka 3 dibawah).
  7. Kalkulator “Neper Stik” siap digunakan.
Stik es krim yang telah digambari masing-masing sepuluh buah kotak persegi

Bagaimana mudah bukan membuat kalkulator “Neper Stik” sendiri?

Tentu anak-anak akan sepakat kalau membuatnya sih mudah, terus menggunakannya bagaimana? dan kegunaanya apa saja? Nah kalau tertarik ikuti terus sambungan artikel ini di artikel selanjutnya, untuk sementara stiknya bisa digunakan buat adu stik es krim ala Ipin dan Upin dulu, he…..he…..he.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments